Kota Bekasi – Dalam rangka menekan penyebaran Covid-19, Ketua DPRD Kota Bekasi Chairoman J. Putro meminta Pemerintah Kota Bekasi untuk menggunakan alat pendeteksi Covid-19 Gajah Mada Elektronic Nose atau GeNose.

“GeNose Ini merupakan kebutuhan masyarakat luas Indonesia tertutama di Kota Bekasi. Alat ini nanti akan mendeteksi penyebaran Covid-19 yang nyaman, cepat, murah dan akurat,” ungkap Chairoman dalam keterangannya pada Rabu (10/2/2021).

Sementara itu, Kepala Produksi GeNose, Eko Fajar menyebut, GeNose adalah alat deteksi Covid-19 hasil penemuan Para Ilmuwan putra-putri terbaik Indonesia yang merupakan para alumni pendidikan Jepang.

“Cara bekerja alat tersebut pun hanya dengan menggunakan deteksi hembusan nafas dan dalam hitungan kurang dari satu menit bisa diketahui apakah seseorang terinfeksi virus Covid-19 atau tidak. Simple, praktis dan cepat alat ini bekerja,” kata Eko.

Katanya, alat ini sudah di gunakan Pemerintah Indonesia di pusat-pusat keramaian masyarakat sejak 5 Februari 2021.

“Yang sudah menggunakan alat ini yaitu Kereta Api Indonesia (PT. KAI) di Stasiun Pasar Senen, Jakarta dan Stasiun Tugu, Yogyakarta, dan akan bertahap di gunakan di 44 Stasiun di sejumlah kota-kota besar lainnya di Indonesia,” terangnya.

Ia mengaku, GeNose sudah melalui beberapa pengujian dan sudah mengantongi izin edar dari Kementerian Kesehatan. Dari hasil pengujian, tingkat akurasi GeNose mencapai 93-95 persen dengan sensitivitas 89 – 92 persen dan spesivitas 95 – 96 persen.

“Alat tersebut semoga bisa banyak membantu di kalangan masyarakat terutama di pabrik-pabrik. Hal tersebut guna menstabilkan perekonomian masyarakat yang akan terus bergerak di tengah pandemi yang masih mengkhawatirkan di Indonesia”, tambahnya.

Untuk diketahui, kasus Covid-19 di Indonesia semakin meningkat dan menyebabkan berada di posisi ke 7 tertinggi di dunia, yang mana penambahan kasus kematian akibat Covid-19 merupakan tertinggi di Asia. Diperkirakan juga puncak gelombang kasus Covid-19 akan terjadi di pertengahan Maret 2021.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0