Pimpinan DPRD Kota Bekasi akhirnya secara resmi diumumkan dalam Rapat Paripurna, Senin (30/9). Dari paripurna tersebut, ditetapkan Ketua DPRD Kota Bekasi Chairoman Joewono Putro dari PKS. Sedangkan Wakil Ketua I Anim Imamuddin dari PDI Perjuangan, Wakil Ketua II Edi dari Partai Golkar, dan Wakil Ketua III Tahapan Bambang Sutopo dari Partai Gerindra.

Peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Kota Bekasi ini juga merujuk pada Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat nomor 170/Kep.773-Pemksm/2019 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Kota Bekasi masa jabatan tahun 2019-2014 yang ditandatangani langsung Gubernur Jawa Barat pada 24 September 2019.

Menurut Sekretaris DPRD Kota Bekasi Mohamad Ridwan, setelah terbitnya surat keputusan dari Gubernur Jawa Barat, jadwal sidang paripurna peresmian pengangkatan pimpinan DPRD memiliki dua alternative, yakni pada Jumat (27/9) atau Senin (30/9).

“Sidang paripurna peresmian pengangkatan pimpinan DPRD ada dua alternatif pada hasil rapat sebelumnya. Hari Jumat atau hari Senin, tapi lebih banyak yang sepakat hari Senin, karena banyak yang harus dipersiapkan supaya lebih matang. Dan supaya peresmian pengangkatan pimpinan ini disaksikan oleh seluruh elemen dan tidak hanya menjadi sekedar pengumuman. Kalau sudah ada pimpinan definitif maka DPRD terbuka lebar untuk menjalankan fungsi-fungsinya,” kata Mohamad Ridwan.

Setelah itu akan dilakukan penyusunan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) paling lama dalam satu minggu ke depan. “Seminggu paling lama, bahkan bisa dua hari tinggal bagaimana kecepatan pimpinan baru definif nanti bersurat ke fraksi, sehari pun bisa sebetulnya. Dikembalikan kecepatan di masing-masing fraksi. Kalau sudah selesai nanti ada paripurna AKD,lalu bisa langsung ke nota keuangan dari Pak Walikota, langsung juga penugasan pada tatib dan lain-lainnya,” jelas Ridwan.

Ketua DPRD Kota Bekasi Chairoman Joewono Putro usai paripurna mengatakan, banyak agenda yang bakal disiapkan. Namun, penyusunan AKD menjadi prioritas. “Agenda yang akan kita kerjakan yaitu AKD, ini menjadi agenda yang kita prioritaskan karena berkait dengan seluruh kegiatan DPRD dalam menampung aspirasi masyarakat untuk menyikapi berbagai perkembangan yang ada,” ujarnya.

Selain itu, pembentukan pansus tata tertib, dan penyusunan APBD Kota Bekasi tak luput juga menjadi agenda yang bakal pimpinan kerjakan. “Agenda yang sudah jelas adalah berkaitan dengan penyusunan APBD 2020 yang sudah masuk nota keuangannya, juga pembahasan evaluasi gubernur berkaitan dengan APBD perubahan 2019,” ungkapnya.

Kemudian, dalam waktu dekat ia bersama pimpinan lain juga bakal melakukan koordinasi dengan seluruh instansi pemerintahan yang ada di Kota Bekasi. “Pimpinan akan membuat beberapa agenda berkaitan dengan keliling ke berbagai instansi vertikal maupun lembaga semi pemerintah. Kami berharap kehadiran kami bisa memaslahatkan, menghadirkan perubahan yang lebih baik lagi sehingga visi misi Kota Bekasi yang cerdas, kreatif, maju, sejahtera, dan insan bisa berlangsung dengan baik dan sukses,” pungkasnya.

Wakil Ketua I Ketua DPRD Bekasi Anim Imamuddin juga menegaskan bahwa dirinya siap berkomitmen menjaga amanah rakyat dan menghormati dinamika politik di Kota Bekasi. “Kami sangat berusaha untuk saling berjalan seirama dalam menyikapi dinamika politik juga pandangan politik yang ada. Dan saya rasa semua pimpinan maupun anggota punya visi, punya tujuan yang sama untuk menjaga amanah rakyat. Intinya mari kita bekerjasama untuk bekerja semaksimal mungkin dalam melayani rakyat,” katanya.

Ia juga menilai bahwa perbedaan pandangan politik merupakan suatu hal biasa yang sudah seharusnya dihormati dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Apalagi negara kita negara demokrasi. Biarpun di lembaga ini diisi dengan berbagai pandangan politik yang berbeda, saya akan tetap fokus bekerja memberi yang terbaik bagi masyarakat. Pokoknya kita kerja, kerja, kerja saja buat masyarakat. Pinggirkan ego kita dan saya minta kepada seluruh anggota untuk bisa terus menjaga semangat gotong royong dalam menuntaskan kerja-kerja lima tahun ke depan,” tutup Anim. (Adv Sekwan DPRD/jim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0